Laman

Wednesday 28 December 2011

statistik dan probabilitas dari hasil survey



BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Tujuan
1.3 Batasan Masalah
1.4 Dasar Teori
1.5 Metode Pengambilan Data

BAB II PERHITUNGAN DAN ANALISA DATA
2.1 Perhitungan Data
2.1.1. aktivitas mahasiswa saat kuliah
2.1.2. aktivitas mahasiswa jika dosen tidak datang
2.2. Analisa Data
2.2.1. aktivitas mahasiswa saat kuliah
2.2.2. aktivitas mahasiswa  jika tidak ada dosen

BAB III KESIMPULAN
 1






BAB I PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang Masalah

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Hasaanuddin (TIUH) Makassar angkatan 2010  memiliki aktivitas  yang beragam dalam mengikuti suatu perkuliahan. Variasi aktivitas ini dapat kita lihat bagaimana kegiatan mahasiswa saat perkuliahan berlangsung dan bagaimana pula jika dosen yang seharusnya mengajar saat itu tidak datang. Data yang dihasilkan masih bersifat rumit sehingga masih perlu diolah agar mudah dpahami dan dimengerti. Oleh karena itu data tersebut perlu diolah dan disajikan secara statistik sedemikian sehingga dapat memberikan informasi yang jelas dan berguna.Pengolahan tersebut menyangkut tabulasi data, dan penyajian data secara grafis atau gambar.

1.2 Tujuan
Tujuan dari pengumpulan data aktivitas  mahasiswa TIUH angkatan 2010  adalah:
a. Pengolahan data tentang aktivitas  mahasiswa TIUH angkatan 2010      menggunakan statistik.
b. Penyajian data sehingga dapat dibaca dan dimengerti dengan mudah oleh pengguna yang berupa angka-angka dan grafik.

1.3 Batasan Masalah
Jumlah kegiatan yang diajukan ada 2 yaitu:
a.     Aktivitas mahasiswa Saat perkuliahan berlangsung
Dari berbagai jenis aktivitas yang dilakukan, dipilih berupa: menyimak pelajaran, bicara dengan teman, mengerjakan tugas lain, melamun, DLL.

b.     Aktivitas mahasiswa Jika dosen tidak datang
Untuk kategori ini dipilih berupa : langsung pulang, pergi keperpustakaan, mengerjakan tugas lain, tetap menungg dikelas dll.

1.4 Dasar Teori
Banyak persoalan, apakah itu hasil penelitian, riset ataupun pengamatan, baik yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, dinyatakan dan dicatat dalam bentuk bilangan atau angka-angka. Kumpulan angka-angka itu sering disusun, diatur, atau disajikan dalam bentuk daftar atau table. Seirng pula daftar atau table tersebut disertai dengan gambar-gambar yang biasa disebut diagram atau grafik supaya dapat lebih menjelaskan lagi tentang persoalan yang sedang dipelajari. Semua itu disebut statistik. Jadi, kata statistik telah dipakai untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun nonbilangan yang disusun pada table atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. Statistik, yang menjelaskan sesuatu hal biasanya diberi nama statistik mengenai hal yang bersangkutan.
Kata statistik juga masih mengandung pengertian lain, yakni dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Ukuran ini didapat berdasarkan perhitungan menggunakan kumpulan sebagian data yang diambil dari keseluruhan tentang persoalan tersebut.
Apakah sekarang yang dimaksud statistik??
Dari hasil penelitian. Riset maupun pengamatan. Baik yang dilakukan khusus dan berbentuk laporan, sering diminta atau diinginkan suatu uraian. Penjelasan atau kesimpulan
tentang persoalan yang diteliti. Sebelum kesimpulan dibuat, keterangan atau data yang terkumpul itu terlebih dahulu dipeljari, dianalisa, atau diolah dan berdasarkan pengolahan inilah baru kesimpulan ini dibuat.
Ini semua ternyata merupakan pengetahuan tersendiri yang diberi nama statistika. Jadi, statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data. Pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan.
DATA STATISTIK
Data yang berbentuk bilangan disebut data kunatitatif, harganya berubah-rubah atau bersifat variabel.
Data yang bukan kuantitatif disebut data kualitatif. Ini tiada lain daripada data yang dikatagorikan lukisan. Kualitas objek yang dipelajari. Golongan ini dikenal juga dengan nama atribut. Misalnya : sembuh, rusak, gagal, berhasil, dsb.
Menurut sumbernya kita mengenal data intern dan data ekstern. Pengusaha mencatat segala aktivitas perusahaannya sendiri, misalnya : keadaan pegawai, pengeluaran, keadaan barang di gudang, hasil jualan, keadaan produksi pabriknya. Data yang diperoleh demikian merupakan data intern. Dalam berbagai situasi, untuk perandingan misalnya, diperlukan data dari sumber lain diluar dari data perusahaan tadi. Data demikian merupakan data intern.
Data ekstern dibagi menjadi data ekstern primer atau disingkat: data primer, dan data ekstern sekunder atau disingkat data sekunder. Jika data iu dikeluarkan dan dikumpulkan oleh badan yang sama, maka didapat data ekstern primer. Dalam hal lainnya merupakan data sekunder.

POPULASI DAN SAMPEL
Kesimpulan yang dibuat mengenai sesuatu hal umumnya diharapkan berlaku untuk hal itu secara keseluruhan dan bukan hanya untuk sebagian saja. Jika dikatakan : 20% mahasiswa di Indonesia berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, maka pernyataan ini berlaku umum untuk seluruh mahasiswa di Indonesia ditinjau dari segi ekonomi keluarganya dan bukan hanya untuk skelompok mahasiswa saja untuk sampai kepada pernyataan demikian, diperlukan data mentah yang bisa dikumpulkan dengan dua jalan :
a) Semua orang tua mahasiswa besrta karakteristiknya yang diperlukan (dalam hal ini keadaan ekonomi keluarga), diteliti atau dijadikan objek penelitian.
b) Sebagian saja dari semua orang tua mahasiswa yang dikenai penelitian.

Dalam hal pertama, sensus telah dilakukan sedangkan dalam hal kedua, penelitian telah dilakukan secara sampling. Totalitas semua nilai yang mungkin, hasil menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya, dinamakan polpulasi. Adapun sebagian yang diambil dari populasi disebut sampel.

1.5 Metode Pengambilan Data
Data dapat diperoleh dengan cara:
1. Observasi
2. Survey
3. Percobaan
Metode yang digunakan untuk mengetahui kegiatan mahasiswa teknik industry angkatan 2010 ini yaitu survey.
 2


BAB II PERHITUNGAN DAN ANALISIS DATA

2.1. Perhitugan Data
2.1.1. aktivitas saat perkuliahan berlangsung
Populasi = 40
Kriteria
jumlah  mahasiswa
Persentase
Menyimak pelajaran
20
50%
Bicara dengan teman
8
20%
Mengerjakan tugas lain
4
10%
melamun
2
5%
Lain lain
6
15%
Total
63
100.00%

Modus data tersebut adalah menyimak pelajaran

2.1.2. aktivitas jika dosen tidak datang
Populasi = 40
Kriteria
Jumlah mahasiswa
Presentase
Langsung pulang
4
9 %
Pergi keperpustakaan
7
17,5%
Mengerjakan tugas
14
35%
Tetap menunggu dikelas
5
12,5%
Lain lain
10
25%
Total
40
100%

Modus data diatas adalah mengerjakan tugas lain.



2.2. Analisa Data
2.1.1. aktivitas saat perkuliahan berlangsung
  Dari data diatas diketahui bahwa hanya sekitar 50% mahasiswa  teknik industry unhas angkatan 2010 yang menyimak penjelasan dari dosen,  sisanya kurang memperhatikan dimana  20% sering berbicara dengan teman samping duduknya, ada sekitar 10% yang  justru menerjakan tugan mata kuliah lain, bahkan ada 5% yang melamun, sisanya 15% melakukan aktivitas lain.


2.1.2. jika dosen tidak ada
Berdasarkan data diatas, ada sekitar 15% mahasiswa yang langsung pulang jika mengetahui dosen tidak datang, 17,5% memilih pergi ke perpustakaan, ada  35% yang memilih mengerjakan tugas tugas, 12,5% memilih tetap tinggal dikenal sambil menunggumata kuliah berikutnya, dan 25% melakukan aktivitas lain. Jadi aktivitas  terbanyak yang dilakukan adalah mengerjakan tugas tugas yang belum di selesaikan.
 3

BAB III
KESIMPULAN
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
·        Aktivitas mahasiswa TIUH angkatan 2010 saat perkuliahan berlangsung sangat beragam, hanya sekitar setengah  atau 50% mahasiswa yang memperhatikan penjelasan dosen, dan setengahnya lagi cenderung tidak memperhatikan dengan melakukan aktivitas lain di kelas seperti cerita, mengerjakan tugas mata kuliah lain, dan melamun. Sedangkan,
·        Aktivitas mahasiswa jika dosen yang mengajar hari itu tidak datang , kebanyakan mahasiswa  memilih mengerjakan tugas tugas kuliah dengan presentase 35%,namun ada pula 15% yang memilih langsung pulang, sisanya ada yang pergi ke perpustakaan, menunggu dikelas, dan aktivitas lainnya.


  Posted by:



Related Post:

Share On:

No comments:

Post a Comment

Paling Sering Dibaca