Rabu, 09 Mei 2012

Diagram Pencar dan Jenis-Jenisnya

Diagram pencar
Langkah pertama dalam menganalisis relasi antara variable adalah dengan membuat diagram pencar(Scatter diagram) yang mengambarkan titik-titk plot dari data yang diperoleh.

Diagram pencar berguna untuk :
1.Membantu melihat apakah data relasi berguna antar variabel.
2.Membantu menentukan jenis persamaan yang akan digunakan untuk menentukan hubungan tersebut.

Jenis-Jenis Diagram Pencar

Linier Positif
Linier Negatif
Curve Linier Positif
Curve Linier Negatif
Curve Linier
Tak Tentu

Analisi Diagram Pencar
1.Linear positif
Diagram pencar ini memiliki hubungan yang saling sejalan/ searah dan membentuk garis lurus dari persamaan yang didapatkan . Dimana apabila nilai x naik maka nilai y juga ikut naik.

2.Linear nehatif
Diagram pencar ini memiliki hubungan yang berhubungan dengan kedua variabelnya. Dimana apabila nilai x meningkat maka nilai y nya menurun. Dan persamaannya membentuk garis lurus. Oleh karena itu dikatakan diagram pencar linear negatif.

3.Curve Linear Positif
Diagram pencar hampir sama dengan linear positif hanya saja garis yang dihasilkan membentuk kurva karena persamaannya kuadrat.

4.Curve Linear Negatif
Diagram pencar ini hamper sama dengan linear negatif, hanya saja garis yang dihasilkan membentuk kurva karena persamannya dari persamaan kuadrat.

5.Curve Linear
Diagram pencar ini mengambarkan kondisi dimana didapatkan hubungan antara variabel x dan variabel y yang meningkat namun saat mencapai keadaan maksimum keduanya mengalami penurunan. Jadi garis yang dihasilkan membentuk kurva persamaan kuadrat juga.

6.Tak Tentu
Diagram pencar ini menggambarkan seolah-olah tidak ada hubungan antara variabel x dan y seolah-olah keduanya tidak saling mempengaruhi, karena diagram yang didapatkan tersebar secara acak dan tidak berpola.



         Posted by:




Related Post:

Share On:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Detik Sports

Loading...

Wowkeren

Loading...

Kompas

Loading...

Tribun News

Loading...