Laman

Tuesday 26 November 2013

Model-Model Persediaan



Ada 3 macam  model  persediaan  yaitu :
a.       Model Kuantitas Pesanan Ekonomis (Eoq) Dasar
Model  kuantitas  pesanan  ekonomis  ini  merupakan  salah  satu  teknik  pengendalian yang  paling  tua dan  paling  dikenal  secara  luas. Teknik  ini  relative  mudah  digunakan namun  didasarkan  pada beberapa  asumsi,  yaitu  :
1. Permintaan  diketahui,  tetap , dan  bebas
2. Lead  time, yaitu  waktu  antara  pemesanan  dan  penerimaan  pesanan diketahui da konstan
3. Penerimaan persediaan bersifat  seketika dan lengkap, dengan  kata  lain, persediaan dari sebuah  pesanan  tiba  dalam  suatu  batch sekaligus
4. Diskon karena kuantitas yang besar
5. Biaya variable yang  ada hanyalah biaya pengaturan atau  pemessanan  dan  biaya Menahan atau  menyimpan  persediaan  dari  waktu  ke waktu
6. Kekurangan  atau kosongnya  persediaan dapat  dihindari sepenuhnya  jika  pemesanan dilakukan  pada  waktu yang tepat.
b.      Model kuantitas pesanan produksi
Model kuantitas pesanan produksi merupakan sebuah teknik kuantitas pesanan ekonomis yang diterapkan pada esanan produksi. model ini berguna ketika persediaan terus menerus menumpuk dari waktu ke waktu dan pada saat asumsi kuantitas pesanan ekonomis tradisional berlaku.model ini diperoleh dengan menetapkan bahwa biaya setup atau biaya pemesanan sama denganbiaya penyimpanan, dan ukuran pesanan yang optimum.
c.       Model diskon kuantitas
Diskon kuantitas, merupakan sebuah harga yang dikurangi untuk barang yang dibeli dalam jumlah yang besar. Sudah sangat biasa jika pelanggan membeli dalam jumlah besar akandiberikan diskon. Dalam hal ini, manajemen harus memutuskan kapan dan berapa banyak jumlahpesanan ketika akan diberikan diskon.


posted by:




Related Post:

Share On:

No comments:

Post a Comment

Paling Sering Dibaca