Laman

Sunday 6 May 2012

Perpindahan Panas

Defenisi Perpindahan Panas

Energi panas yang terkandung di dalam sebuah sistem berhubungan dengan fenomena perpindahan panas. Terjadinya perpindahan panas ditandai perubahan nilai energi panas yang terkandung dalam sistem. Perpindahan panas terjadi dari sistem/benda dengan temperatur yang lebih tinggi, menuju sistem/benda dengan temperatur yang lebih rendah. Hal tersebut apabila terjadi dalam sebuah kondisi yang alami. Karena pada kondisi khusus, digunakan heat pump untuk memindahkan panas dari benda bertemperatur yang lebih rendah ke benda bertemperatur lebih tinggi.
Secara alamiah, perpindahan panas dapat terjadi melalui tiga cara: konduksi, konveksi, dan radiasi.

Jenis-Jenis Perpindahan Panas
Konduksi
Perpindahan panas konduksi adalah perpindahan panas antara dua sistem/benda tanpa diikuti adanya perpindahan massa material dari kedua sistem tersebut. Perpindahan panas konduksi secara mikroskopis yaitu terjadinya perpindahan energi kinetik antar partikel dari dua sistem yang berada dalam batas stasioner. Atom dan molekul yang bergetar terus-menerus berinteraksi dengan atom dan molekul di sekitarnya, mentransfer energi (berupa panas) ke partikel di sekitarnya tersebut. Dengan kata lain, perpindahan panas konduksi terjadi saat getaran suatu atom mempengaruhi atom di dekatnya untuk bergetar pula, seperti aliran elektron antar atom pada aliran listrik.

Konveksi
Perpindahan panas konveksi terjadi pada saat sejumlah fluida (gas ataupun cair) mengalir disertai membawa panas yang ikut dengan aliran fluida tersebut. Aliran fluida tersebut dapat terjadi secara alami, yang disebut dengan konveksi natural, atau juga secara paksaan dengan menggunakan alat tertentu. Konveksi natural dapat terjadi akibat gaya gravitasi, atau juga akibat adanya perbedaan temperatur pada dua titik berbeda sehingga terjadi aliran natural dari temperatur tinggi menuju temperatur yang lebih rendah. Konveksi yang dipaksakan (forced convection) diperlukan alat tambahan seperti pompa atau kipas sehingga dapat terjadi aliran fluida serta panas sesuai dengan yang diinginkan.

Radiasi
Bentuk perpindahan panas yang terakhir adalah secara radiasi. Perpindahan panas radiasi adalah perpindahan panas dengan bentuk gelombang elektromagnetik yang terjadi tanpa adanya media perantara (vakum). Radiasi panas merupakan hasil dari atom dan molekul suatu benda yang bergerak acak. Dikarenakan atom dan molekul tersebut berisi komponen-komponen bermuatan (proton dan elektron), maka gerakannya yang terjadi menghasilkan emisi berupa radiasi elektromagnetik, yang membawa energy keluar dari permukaan benda panas.




  Posted by:






Related Post:

Share On:

No comments:

Post a Comment

Paling Sering Dibaca