Laman

Sunday 3 June 2012

Beberapa Nama Situs Jejaring Sosial yang Populer



1. Facebook


Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakanperalatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011


2. Twitter



Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".


3. Google+


Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc.Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.
Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.


4. Myspace


Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.
Moods adalah emosikon kecil yang digunakan untuk menggambarkan suasana hati pengguna MySpace. Fitur ini telah ditambahkan pada MySpace bulan Juli 2007. Profil dalam MySpace berisi dua standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan "Who I'd Like to Meet”. Profil juga memuat bagian"Interests" dan "Details".


5. Plurk


Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com,pengirim pesan instan, atau pesan singkat.


6. Hi5


Hi5 merupakan sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi dan bertukar pikiran satu sama lain. Tampilan Hi5 berupa layanan untuk memasukkan (mengunggah) profil/foto, menambah teman, mengirimkan pesan, serta memperoleh gambar/wallpaper secara gratis.
Situs Hi5 ini berhasil menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan sangat mudah, tanpa harus memiliki akun Hi5.[2]Inilah yang menyebabkan pada tahun 2009, Hi5 menjadi salah satu dari dua puluh besar situs sosial yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat mancanegara dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif.
Pada tahun 2010, Hi5 menduduki peringkat enam besar dari sekian banyak situs sosial yang ada di dunia dengan kebanyakanpengguna Hi5 berada di wilayah Amerika Latin dan Asia Selatan. Kini, Hi5 lebih dikenal sebagai situs permainan sosial.


7. Linked In


LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006


8. Tumblr


Tumblr adalah sebuah layanan tumblelog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat, audio, dan link. Fitur tumblr yang memperbolehkan para pengguna untuk memposting foto biasa digunakan oleh para pengguna tumblr untuk membuat sebuah photoblog. Terdapat fitur khusus yang ada pada situs tumblr yaitu, pengguna tumblr dapat membuat blog yang bersifat pribadi. Postingan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri atau pengguna lain yang ditunjuk atau dipilih oleh pengguna yang memiliki account tersebut untuk dapat melihat blog pribadi ini. Pengguna dapat melihat kiriman tulisan, foto, quote, video, chat, audio, dan link melalui situs tumblr.com


9. Koprol


Koprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosialberdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisacheck-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.
Di Indonesia kota-kota yang sudah dapat menikmati aplikasi ini adalah Jakarta, Bali,Bandung, Surabaya, Surakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bengkulu, Medan, Banda Aceh, Palembang, Makassar,Balikpapan, Cirebon, Papua, serta manca negara seperti Singapore, Houston, Indianapolis.


10. Netlog


Netlog (sebelumnya dikenal dengan nama Facebox dan Bingbox) adalah situsjejaringan sosial Belgia yang awalnya ditujukan kepada pemuda eropa namun pada perkembangan selanjut Netlog kemudian ditujukan kepada seluruh dunia raya.
Situs ini didirikan pada Juli 2003 di Ghent, Belgia, oleh Lorenz Bogaert dan Toon Coppens, dan as of beginning 2009 telah mempunyai 42 juta pengguna terdaftar dan telah tersedia dalam 25 bahasa.[2]
Di Netlog, pengguna dapat membuat web mereka sendiri, memperluar jaringan sosial mereka, menerbitkan file musik, video, memposting blog dan bergabung dalam grup.


11. Bebo


Bebo (akronim dari Blog Early, Blog Often) merupakan sebuah situs jejaring sosial yang berperan dalam menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dan segala sesuatu yang menjadi perhatian pengaksesnya. Bebo menggabungkan konsep komunitas, ekspresi diri, dan hiburanyang memungkinkan kita untuk menciptakan, menemukan, dan membagikan konten digital. Bebo merupakan sebuah situs yang banyak digunakan di Amerika, Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Kanada, Polandia, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, India, dan Belanda
Bebo pertama kali ditemukan oleh Michael Birch dan Xochi Birch pada awal Januari 2005 sebagai situs pertukaran (sharing) foto. Barulah pada Juni 2005, Bebo diperkenalkan sebagai sebuah situs jejaring social. Pada proses perkembangannya, tahun 2006-2007 Bebo merupakan salah satu dari 25 situs yang paling banyak diakses oleh para pelajar dan mahasiswa di Amerika dan Inggris. Bebo sempat menduduki peringkat ketiga situs sosial yang paling popular di Amerika. .
Akan tetapi, mulai tahun 2009 keberadaan Bebo mulai tergeser keberadaannya dengan situs jejaring sosial lain yang mulai bermunculan. Pada 7 April 2010, AOL sebagai pengelola Bebo menyatakan akan menjual situs tersebut karena sangat menurunnya jumlah pengguna yang mengakses situs Bebo. Bebo telah kehilangan daya saingnya terhadap situs sosial lain seperti Facebook danMyspace.


12. Orkut


Orkut merupakan layanan jejaring sosial, memungkinkan pengguna menampilkaninformasi personal dan profesional, bertemu teman baru dan memelihara pertemanan yang sudah terjalin. Di sini pengguna juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan minat.
Orkut adalah komunitas online yang dirancang untuk membuat kehidupan sosial seseorang lebih aktif dan bersemangat. Jaringan sosial orkut dapat membantu seseorang mempertahankan hubungan yang ada melalui foto dan pesan, serta menjalin hubungan baru dengan menjangkau orang yang belum pernah di temui sebelumnya.
Orkut memudahkan pencarian orang yang memiliki hobi dan minat yang sama, hubungan romantis, atau menjalin kontak bisnis baru. Pengguna juga dapat membuat dan bergabung dalam beragam komunitas online untuk membahas kejadian terkini, berhubungan kembali dengan teman lama di sekolah atau bahkan bertukar resep favorit.
Namun layanan ini diambil dari penciptanya, karyawan Google yang bernama Orkut Buyukkokten. Ketika pertama kali muncul, akan Orkut hanya bisa didapat melalui undangan, dan baru dibuka untuk umum sejak Oktober 2006. Orkut menjadi layanan jejaring social paling kondang di Brasil dan nomor dua di India. Google mengumumkan akan memindahkan hosting Orkut dari Kalifornia ke Brasil, dan akan dikelola oleh Google Brasil.


13. Fupei


FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian) adalah sebuah situsjaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis
FUPEI yang berdiri pada bulan Mei 2004 didirikan oleh Sanny Gaddafi. Pada mulanya, ide dasar untuk membangun situs ini berawal dari hanya sebuah hobi yang dipicu oleh merajalelanya Friendster pada saat itu. Namun, lama kelamaan FUPEI mendapat tanggapan yang positif dari pengguna internet di Indonesia. Sejak pertama diluncurkan, pendaftar-pendaftar di FUPEI setiap hari terus bertambah. Hal ini menjadikan sebuah motivasi bagi sang pendiri untuk terus bekerja keras mengembangkan situs jaringan sosial ini.
FUPEI mulai melakukan perombakan dari sisi teknologi dan antar-muka pengguna pada bulan Agustus 2006 guna meningkatkan usabilitas untuk para penggunanya. Hal ini menjadikan FUPEI dapat meraih peningkatan jumlah pengguna dalam waktu singkat dan terus berkembang hingga saat ini.


14. Qzone


Qzone adalah situs jejaring sosial yang dibuat oleh Tencent pada tahun 2005. Pada situs ini, pengguna bisa membuat blog, jurnal, atau buku harian sama seperti LiveJournal. Tambahannya lagi, pengguna bisa berbagi foto dan mendengar musik disini. Pada daftar jejaring sosial di Wikipedia, Qzone memiliki jumlah pengguna yang fantastis menyaingi semua jejaring sosial di atas (kecuali Facebook). Jumlah penggunanya400 juta orang. Wajar, situs ini memang populernya di RRC.


15. LiveJournal


LiveJournal adalah komunitas online global yang dibuat untuk jurnal pribadi, yang dibuat oleh Brad Fitzpatrick di bulan Maret tahun 1999. Dari terbentuknya pada tahun 2009, LiveJournal sampai saat ini telah menjadi website yang memiliki hinggal 25 juta pengguna dari seluruh dunia. Seperti jaringan sosial yang lain, pengguna LiveJournal berasal dari berbagai kalangan. Hampir semua kode sumber untuk menjalankan Livejournal adalahOpen Source dan gratis digunakan. Beberapa dari website yang kode sumber Livejournal ini dintara lain adalah InsaneJournal, DeadJournal, JournalFen dan Dreamwidth.
Di awal tahun 2009, Livejournal memecat sejumlah karyawan-karyawannya dan memindahkan pengembangan produk serta desain ke Rusia, walaupun server, administrator dan staf-stafnya tetap bekerja di Amerika Serikat. Hal ini didasari dengan alasan pemotongan biaya sehingga dapat menjadi lebih efektif sebagai upaya untuk bertahan saat penurunan ekonomi global.

( Sumber: id.wikipedia.org )

Related Post:

Share On:

No comments:

Post a Comment

Paling Sering Dibaca